Spirit Conductor :: Glossary :: Kelas


UMUM | STATUS | KELAS

Sekilas tentang kelas-kelas yang sudah muncul di Spirit Conductor:

KNIGHT: Adalah petarung jarak dekat yang umumnya menggunakan perlengkapan baju zirah / armor berat. Knight biasanya memiliki atribut STR dan END yang tinggi karena bertarung di garis terdepan. Skill yang dimilikinya banyak yang menambah status atau bisa disebut juga skill buff, juga ada beberapa skill untuk menekan musuh dan skill murni damage. Knight bisa menggunakan persenjataan jarak dekat yang beragam, seperti pedang, palu, morning star, dan lain-lain. Selain itu, tak jarang pula Knight menggunakan perisai untuk menambah daya tahannya. Knight adalah petarung yang sangat berhubungan dengan militer.

SWORDSMAN: Adalah petarung jarak dekat yang menggunakan senjata berjenis pedang, entah heavy sword, double-edge sword, bastard sword, short sword, katana, dll. Berbeda dengan Knight, seorang Swordsman tak harus menggunakan armor berat untuk mudah dikenali. Banyak dari mereka yang menggunakan perlengkapan santai seperti baju kulit hingga kaos biasa. Jika Knight banyak memiliki skill buff, maka Swordsman banyak memiliki skill pasif. Status seorang Swordsman pun bisa beragam, ada yang memiliki STR dan AGI tinggi, AGI dan DEX tinggi, STR dan END tinggi dan lain sebagainya tergantung dari jenis pedang dan gaya bertarung Swordsman tersebut. Kalau kelas Knight berhubungan dengan militer, maka kelas Swordsman berhubungan dengan bela diri.

MARTIAL ARTIST: Kurang lebih perannya hampir mirip seperti Swordsman, bedanya senjata yang digunakan Martial Artist jauh lebih beragam. Ada yang memakai pedang, kapak, palu, tongkat hingga tangan kosong. Tetapi, kekuatan destruktif Martial Artist kurang jika dibandingkan dengan Swordsman. Walaupun begitu, Martial Artist memiliki kemampuan akurasi, mengelak, dan kemampuan di bidang lainnya lebih hebat jika dibandingkan dengan Swordsman.

BERSERKER: Petarung jenis ini biasanya tak mengindahkan status lain kecuali total damagenya. Seorang Berserker menggunakan senjata jenis berat seperti heavy sword, hammer, axe dll. Kelas jenis ini memiliki serangan berpotensi sangat destruktif tapi pertahanannya penuh dengan celah. Berserker biasanya menaikkan atribut STR semaksimal mungkin.



ARCHER: Petarung jarak jauh yang menggunakan panah untuk menyerang. Archer bisa menggunakan senjata jarak dekat jika terpaksa tapi mereka bukanlah ahlinya. Archer biasanya memiliki DEX yang tinggi sehingga mampu menembak target dari jarak yang jauh dengan akurat.

RANGER: Ranger juga biasanya menggunakan panah, tetapi juga mampu bertahan hidup menggunakan senjata jarak dekat. Jarak serangan Ranger menggunakan panah tak sejauh Archer, tetapi setidaknya Ranger memiliki pertahanan dan elemental resistance yang cukup baik. Bisa dibilang, kelas Ranger adalah kelas bulat. Ia memiliki pertahanan dan serangan yang baik. Akurasi dan tingkat mengelaknya juga baik. Ia bisa menggunakan senjata jarak jauh dan jarak dekat dengan baik pula. Tetapi jarang menjadi ahli dalam satu bidang. Biasanya, Ranger memiliki DEX dan END yang tinggi.

PATHFINDER: Kelas yang memiliki jarak pandang yang bagus, juga bisa menggunakan beberapa jenis sihir untuk mempertahankan hidupnya. Pathfinder bukanlah seorang petarung yang memiliki kemampuan bertarung yang baik, serangannya pun biasa saja. Tetapi ia memiliki sihir yang dapat membingungkan musuh serta menggali informasi dengan baik. Singkatnya, Pathfinder adalah seorang pengintai. Tak jarang dari mereka yang menjadi mata-mata musuh. Biasanya seorang Pathfinder memiliki DEX dan INT yang bagus.

TRACKER: Seperti Pathfinder, Tracker juga memiliki jarak pandang yang bagus karena dexterity-nya yang tinggi. Namun berbeda dengan Pathfinder, Tracker adalah mereka yang ahli menggunakan peralatan seperti magic scroll dan ramuan untuk bertahan hidup dan membingungkan musuh. Kemampuan utama Tracker adalah mencari jejak seseorang/monster. Banyak dari mereka yang menjadi pemburu bayaran / bounty hunter. Biasanya, seorang Tracker memiliki DEX dan WIS yang tinggi.

ADVENTURER: Seorang petarung yang gemar berpetualang seorang diri atau dengan beberapa mitra terpercayanya. Selalu tamak mencoba untuk menjelajah makam dan gua yang penuh dengan harta karun. Seorang Adventurer biasanya menggunakan senjata dan pelindung ringan. Adventurer yang hebat biasanya memiliki banyak magic item kuno yang disebut artifact, memiliki kekuatan dahsyat dan karena itu mereka adalah petarung yang bisa dibilang berbahya. Adventurer biasanya memiliki atribut AGI dan WIS yang tinggi.

ASSASSIN: Seorang pembunuh yang bergerak dalam bayang-bayang, memiliki kemampuan untuk mengirimkan damage yang sangat besar jika musuh lengkah. Assassin selalu menggunakan senjata kecil dan ringan seperti dagger atau senjata lain yang mudah disembunyikan. Assassin yang handal biasanya memiliki skill berelemen chaos untuk membingungkan musuh jika ketahuan, serta skill lain untuk bisa kabur dalam sekejap. Assassin biasanya memiliki atribut AGI dan INT yang tinggi.



SPECIALIST: Seorang ahli yang selalu berhubungan dengan informasi. Awalnya, seorang petarung tak bisa melihat status dan kemampuannya. Ia membutuhkan bantuan Specialist untuk hal itu. Seorang Specialist bisa membaca status seseorang, melihat kemampuannya, memperkirakan kelemahannya, mengkalkulasi damage dari skillnya, dan lain sebagainya. Di jaman modern ini, seorang Specialist bisa meminjamkan kemampuannya kepada petarung lain dengan magic item yang disebut Sensory Accessory, seperti Sensory Ring, Sensory Necklace, dan lain-lain. Specialist biasanya memiliki WIS yang tinggi.

ALCHEMIST: Seorang yang ahli membuat ramuan berkualitas magic item. Seorang Alchemist umumnya tak bisa bertarung, tapi ada beberapa dari mereka di sepanjang sejarah yang menjadi pembunuh massal setelah menggunakan racun mengerikan yang merenggut banyak jiwa. Seorang Alchemist biasanya memiliki atribut WIS yang tinggi.

HEALER: Seorang yang ahli menggunakan skill menyembuhkan dan buff untuk teman mereka. Selain memulihkan hit point, Healer juga bisa memulihkan stamina jadi petarung lain bisa lebih lama bertarung dengan kondisi yang baik. Healer biasanya memiliki atribut WIS dan INT yang tinggi.

ENCHANTER: Seorang yang ahli menggunakan skill buff dan debuff. Serangan sihirnya tak terlalu memukau tapi skill buffnya sangat mempengaruhi kinerja regu. Enchanter biasanya memiliki atribut WIS dan INT yang tinggi.

MAGE: Seorang Mage ahli menggunakan serangan sihir destruktif, seperti sihir api yang memiliki radius besar mampu membakar banyak musuh. Selain itu, Mage juga memiliki akses untuk sihir buff dan debuff yang lumayan, tapi jika dibandingkan dengan Enchanter mereka bukanlah apa-apa dalam hal ini. Biasanya, Mage memiliki atribut INT yang tinggi sehingga kapasitas mananya sangat tinggi dan damage dari sihirnya pun besar.

SUMMONER: Seorang Summoner mampu memanggil makhluk lain untuk bertempur. Seorang Summonner biasanya tak memiliki atribut khusus untuk dipupuki, tetapi rata-rata mereka meninggikan atribut WIS agar cepat memahami skill-skill baru dan cepat pula menguasai summon mereka.


UMUM | STATUS | KELAS